Bijak dalam Berbahasa

Bijak dalam Berbahasa

Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Bahasa Indonesia yang baik dan benar

Asslamu'alaiku selamat pagi para blogger. Tahukah anda apa pengertian bahasa Indonesia yang baik dan benar? Kita sering mendengar kata tersebut tetapi tidak mengerti apa maksudnya. Untuk itu saya akan menjelaskan pengertian bahasa Indonesia yang baik dan benar satu persatu.

1. Bahasa yang baik adalah bahasa yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Misalnya kita berbelanja    di pasar.

Contoh: Harga ini berapa bang? (sambil menunjukkan barang yang ditanyakan)

Kalimat di atas merupakan Bahasa Indonesia yang baik, karena sesuai dengan situasi dan kondisi. Tetapi belum tentu benar. Tidak mungkin bahasa tersebut kita ganti dengan bahasa yang benar.

Contoh: Berapa harga buku ini satu buah bang?
              Harga satu buah buku ini adalah lima ribu rupiah.

Hal ini tidak efektif karena pasti akan membutuhkan waktu yang lama dalam hal tawar menawar tersebut,

2. Bahasa Indonesia yang benar adalah bahasa yang sesuai dengan tata bahasa baku yang telah ditetapkan. Bahasa Indonesia yang benar diterapkan dalam bahasa tulis dan bahasa lisan yang sifanya resmi misalnya pada saat berpidato. Jadi, bahasa Indonesia yang baik belum tentu benar. Bahasa Indonesia yang benar bisa dikatakan baik.
Demikian penjelasan sedikit tentang Bahasa Indonesia yang baik dan benar semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan mohon dikoreksi kembali dan tinggalkan komentar di bawah.

Terima kasih telah berkunjung ke blog Bahasa Indonesia Ayo Baca ini. Silakan berkemontar di bawah ini dengan bahasa yang sopan jika anda suka tolong klik tombol suka atau share (berbagi). Marilah saling membangun para blogger.

1 comments:

Saya

Saya