Bijak dalam Berbahasa

Bijak dalam Berbahasa

Kritik dan Saran

Kritik dan Saran

Kritik dan Saran


LAPORAN

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia Laporan dapat disajikan secara tertulis dan lisan. Saat mendengarkan laporan yang disajikan secara lisan, Anda dapat memberi komentar terhadap isi laporan. Apabila informasi yang diperoleh dari  laporan  sesuai   dengan  pemikiran Anda,  Anda dapat  memberikan dukungan. Sebaliknya,  apabila informasi tersebut  tidak  sesuai  dengan  pemikiran  Anda,  Anda dapat memberikan kritik atau saran.

KRITIK DAN SARAN

Mengkritik adalah memberikan tanggapan yang disertai dengan uraian atau pertimbangan baik buruk terhadap suatu hal. Kritik muncul karena seseorang tidak setuju atau tidak suka terhadap sesuatu. Selain memberikan kritikan, Anda juga dapat memberikan dukungan terhadap suatu pendapat. Dukungan yang baik disertai dengan alasan yang berupa uraian.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengungkapkan kritik dan saran.
  1. Menyimak dengan saksama laporan yang disampaikan dari awal hingga akhir.
  1. Mencatat hal-hal yang hendak diberi kritik atau saran.
  2. Mengemukakan kritik atau saran dengan bahasa yang baik.
  1. Berikan argumen untuk memperkuat kritik atau saran yang Anda ungkapkan.
  1. Jika kritik atau saran disampaikan secara lisan, perlu diperhatikan hal-hal berikut.
a.   Kemukakan kritik dan saran dengan bahasa yang baik, nada yang biasa, tidak terkesan menentang, atau mengejek, dan tidak perlu tergesa-gesa.
b.   Jika memang diperlukan untuk memperjelas yang dimaksud, bisa diberikan penekanan-penekanan pada bagian-bagian yang dimaksud.

Mengkritik atau memberikan dukungan terhadap suatu hal harus menggunakan bahasa yang sopan. Untuk menyampaikan kritikan dan dukungan, Anda dapat menggunakan  kata kunci seperti berikut.
  1. Saya sependapat/ setuju . . . . 
  2. Saya kurang sependapat . . .

Terima kasih telah berkunjung ke blog Bahasa Indonesia Ayo Baca ini. Silakan berkemontar di bawah ini dengan bahasa yang sopan jika anda suka tolong klik tombol suka atau share (berbagi). Marilah saling membangun para blogger.

0 comments:

Post a Comment

Saya

Saya